Rabu, 06 September 2017

Laporan Observasi Perpustakaan SMA PLUS PGRI CIBINO


        Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU Perpustakaan No.43 2007  “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian. Perpustakaan memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang mengenai segala sesuatu yang ada di dalam perpustakaan. Contohnya buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur yang mengenai segala sesuatu di luar perpustakaan, misalnya bangunan dan lingkungan perpustakaan tersebut.
      Buku-buku yang ada di perpustakaan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa golongan yaitu Karya Umum (000), Filsafat (100), Agama (200), Ilmu Sosial (300), Ilmu Bahasa (400), Ilmu Pasti (500), Pengetahuan Praktis (600), Kesenian (700), Kesusastraan (800), dan Biografi & Geografi (900). Buku-buku tersebut dapat dibagi menjadi buku fiksi dan buku nonfiksi. Buku fiksi adalah buku yang isinya merupakan teks naratif. Sebagai contoh adalah buku yang berbentuk kesusastraan. Contoh buku yang berbentuk kesusastraan yaitu novel, kumpulan cerpen, dan lain-lain. Sedangkan buku nonfiksi adalah buku yang sebagian besar isinya merupakan teks deskripsi. Contohnya adalah buku yang berbentuk Ilmu Sosial, Ilmu pasti, dan lain-lain. Buku yang termasuk nonfiksi misalnya Matematika Kelas X, Fisika X 1, dan sebagainya.
     Dalam UU Perpustakaan No.43 tahun 2007 pasal 20   Perpustakaan terdiri atas.
a)    Perpustakaan Nasional;
b)    Perpustakaan Umum;
c)    Perpustakaan Sekolah/Madrasah;
d)    Perpustakaan Perguruan Tinggi; dan
e)    Perpustakaan Khusus.

“Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang  berada di lingkungan sekolah, bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan bertugas untuk melayani sivitas akademika sekolah tersebut”.(Surochman, 2007:2)





     Perpustakaan SMA Plus PGRI Cibinong termasuk kedalam perpustakaan sekolah karena lingkungan perpustaan tersebut berada di linkungan sekolah . 
Di Perpustakaan SMA Plus PGRI Cibinong  memiliki koleksi buku yang lengkap :
1. Karya Umum : 583 koleksi buku
2. Filsafat dan Fisologi : 233 koleksi buku
3. Agama : 903 koleksi buku
4.Ilmu-ilmu alam & Matematika : 5355 koleksi 
                                                             buku
5. Kesusastraan : 1228
6. Geografi & sejarah
7. Teknologi & dan Ilmu-ilmu Terapan : 497

Kesimpulan

      Perpustakaan SMA Plus PGRI Cibinong merupakan perpustakaan sekolah yang diharapkan bisa menjadi pusat informasi yang mampu menambah minat baca siswa & siswi di SMA Plus PGRI Cibinong.

Saran
    
       Sudah sewajarnya Perpustakaan SMA Plus PGRI Cibinong sesuai dengan standar perpustakaan sekolah yang di keluarkan Perpusnas atau Badan Standar Nasional agar pelayanan dan segala aktivitas mampu berkerja secara optimal.
     

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Total Tayangan Halaman

:)

:)
Kunai
Kunai
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SELAMAT MEMBACASEMOGA ANDA NYAMAN THANK YOU
THANK YOU
Electricity Lightning

BTemplates.com

Pages - Menu